makanan khas gorontalo
makanan khas gorontalo
makanan khas gorontalo

Menurut situs judi bola online terbaik dunia terbesar dan terpercaya setiap wilayah tentu memiliki makanan khas masing-masing. Baik tersebut makanan yang diwariskan semenjak dulu maupun makanan baru hasil olahan rakyat setempat. Apapun itu, makanan khas wilayah terbukti dapat berikan cita rasa dan sensasi tersendiri untuk setiap lidah pencicipnya.

Seperti halnya wilayah lain, Gorontalo juga mempunyai sejumlah makanan khas yang patut guna di coba. Meskipun tidak terlalu familiar layaknya makanan Jawa, hasil masakan asli wilayah ini tak boleh di pandang sebelah mata. Nah, supaya anda tidak penasaran, sebagai berikut 7 macam makanan khas Gorontalo yang pastinya patut anda cicipi saat anda tengah sedang di Gorontalo.

1. Binte Biluhuta
Jika ditafsirkan satu per satu, maka binte berarti jagung sementara biluhuta berarti siraman. Artinya binte biluhuta ialah jagung siram atau dapat juga disebutkan sup mengandung jagung. Binte biluhuta dibikin dengan mencampurkan sebanyak pipilan jagung dan sobekan ikan tuna serta parutan kelapa yang lantas diberi bumbu garam dan perasan jeruk nipis.

Binte biluhuta sendiri adalahsalah satu makanan kesayangan masyarakat Gorontalo yang biasanya disajikan di masa-masa malam. Bagi anda yang hendak mencicipinya, kamu dapat mengunjungi sejumlah restoran makanan khas Gorontalo atau ke warung-warung kecil yang tersebar di distrik Gorontalo.

2. Ilabulo
Walaupun sekilas nampak laksana pepes, ilabulo sejatinya diciptakan dari gabungan sagu dan ati ampela. Seringkali masyarakat Gorontalo meyajikan menu makanan ini sebagai lauk pauk pada acara-acara tradisional yang diadakan. Berhubung jajanan tradisional Gorontal yang satu ini mempunyai kandungan minyak yang tinggi, serbet lap tangan atau tissue jelas bakal sangat dibutuhkan setelah anda menyantap ilabulo.

3. Ayam bakar iloni
Menggunakan ayam sebagai bahan utama pada suatu menu hidangan tradisional barangkali sudah tidak jarang kita temukan. Meskipun begitu, tetaplah cita rasa yang didapatkan pastilah akan bertolak belakang bergantung pada racikan bumbu dan teknik pengolahan hidangan tersebut. Seperti halnya menu ayam bakar iloni yang adalahsalah satu hidangan kesayangan khas wilayah Gorontalo yang sering disantap bareng dengan semangkuk nasi hangat dan kangkung cah.

Perbedaan hidangan khas Gorontalo yang satu ini dengan menu ayam panggang lainnya yakni terletak pada teknik pengolahannya. Jika pada menu beda ayamnya langsung dipanggang tepat sesudah dibersihkan, maka pada proses penciptaan ayam bakar iloni, ayamnya harus dicampuri bumbu khas terlebih dahulu dan direndam memakai santan hingga benar-benar meresap. Setelah tersebut baru dapat masuk proses pemanggangan dan siap guna disantap. Percaya deh, gabungan bumbu khas yang terdapat pada hidangan ayam bakar iloni ini dipastikan bisa buat kamu ketagihan.

4. Tili Aya
Kalau menu makanan khas Gorontalo yang satu ini memang telah lumayan jarang ditemukan. Namun, andai kamu sempat menghadiri sejumlah jenis acara syukuran atau buka puasa bareng di Gorontalo, maka bisa jadi besar disitu anda akan disuguhkan dengan hidangan Tili Aya. Kuliner asal Gorontalo ini mempunyai tekstur yang lembut dan rasa yang unik. Kue ini pun termasuk gampang untuk diciptakan karena melulu merupakan gabungan dari gula merah, santan, dan telur.

5. Bilenthango
Berbahan dasar ikan mujair, bilenthango adalahsalah satu makanan khas Gorontalo yang enak dan sangat meningkatkan nafsu makan. Sehingga tidak boleh heran saat anda bertandang ke pesta-pesta yang terdapat di Gorontalo dan kerap mengejar hidangan ini disuguhkan.

Cara pembuatannya pun dapat dikatakan relatif mudah. Pasalnya, kamu melulu perlu menyiapkan ikan mujair segar, kemudian bersihkan. Setelah itu, irislah unsur perutnya hingga ke ujung atas dan bawah mengekor garis sampai-sampai ikan tersebut tampak terpecah menjadi dua unsur dan melebar. Lalu diatasnya berikan bumbu berupa irisan tomat, bawang merah, tumbukan cabe, dan kemiri.

Selanjutnya ambil potongan daun pisang dan taruh pada unsur bawah ikan itu untuk dijadikan alas sebelum anda melakukan penggorengan. Tujuannya ialah agar resiko terjadinya gosong dapat cukup terminimalisir.

6. Sate Tuna
Berhubung Gorontalo tergolong salah satu wilayah di Indonesia yang dekat dengan distrik perairan, olahan hasil laut disini pun lumayan melimpah. Terutama olahan hasil laut yang berbahan dasar ikan tuna. Salah satu contohnya ialah sate tuna.

Jika disaksikan dari tampilannya dapat dikatakan tidak terdapat bedanya dengan sate pada umumnya. Hanya bertolak belakang pada bahannya saja. Jika sate umumnya memakai daging sapi, kambing, atau ayam, maka makanan khas Gorontalo yang satu ini malah menggunakan daging dari ikan tuna.

Nah, bilamana kamu berkeinginan menikmati hidangan sate tuna, pastikanlah anda menggigit dagingnya secara pelan-pelan. Jika tidak, maka bisa-bisa dagingnya terlepas dari tusuk dan jatuh ke bawah. Pasalnya, daging ikan tuna memang mempunyai tekstur yang lembut, tidak laksana halnya daging yang lain.

7. Kue Kerawang
Terakhir, makanan khas Gorontalo yang tentu selalu terdapat di masing-masing perayaan hari raya idul fitri ialah kue kerawang. Dikatakan kerawang sebab pada unsur atas kue kering ini sendiri terdapat dekorasi yang seringkali kerap digunakan pada di antara jenis kerajinan khas Gorontalo, yakni karawo. Soal rasa mungkin dapat dikatakan sama laksana kue-kue kering lainnya. Cuman lain pada hiasannya saja.

Oh ya, sebatas informasi, guna membuat dekorasi yang terdapat pada kue kerawang tersebut sangat memerlukan tingkat kecermatan dan kesabaran yang tinggi. Jadi bila memang belum terampil, usahakan banyak-banyakin pelajaran dulu ya.